PANCASILA SEBAGAI SPIRITUALITAS BANGSA YANG MEMERDEKAKAN : Suatu Tinjauan dari Perspektif Pertanian

Authors

  • Imaculata Fatima Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Flores

Keywords:

Pancasila, spiritualitas, memerdekakan, dan pertanian tradisional

Abstract

Roh kebangsaan, spiritualitas yang memerdekakan dari Nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan menghadapi rentetan krisis sosial, ekonomi, kesehatan dan krisis kebangsaan yang terjadi kini, dan pada masa depan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pancasila sebagai spiritualitas bangsa yang memerdekakan ditinjau dari perspektif pertanian.

Tinjauan ini merupakan analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, kajian pustaka, yang memakai desain deskriptif  dengan mengumpulkan data-data tentang masalah nilai-nilai kebangsaan yang semakin tergerus, infiltrasi terhadap ideologi Pancasila sebagai dasar negara didalami, dibahas, sehingga dapat memberikan gambaran yang dapat memberikan insight baru akan Pancasila sebagai Spiritualitas bangsa yang memerdekakan.

Spirit kebangsaan mengisyaratkan pentingnya komitmen, loyalitas setiap anak bangsa agar tetap konsisten pada orientasi fundamental hidup berbangsa, kecintaan akan tanah air satu, bahasa yang satu dan bangsa yang satu Indonesia. Kesetiaan itu bukan hanya mencakup batas geografis, budaya dan agama tetapi dalam sebuah negara-bangsa, nilai dasar kemanusiaan transendental dapat menjadi tolok ukur sistem sosial politik, hukum dan ekonomi sehingga nilai-nilai spiritual Pancasila dapat membebaskan dan memerdekakan bagi setiap warga negara.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Fatima, I. (2023). PANCASILA SEBAGAI SPIRITUALITAS BANGSA YANG MEMERDEKAKAN : Suatu Tinjauan dari Perspektif Pertanian. Jurnal Pembumian Pancasila, 3(2), 152–161. Retrieved from https://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/59