KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF SISTEM SOSIALEKONOMI

Authors

  • Kristiya Kartika PA GMNI

Abstract

Ditemukannya mesin-mesin-teknologi baru yg mempengaruhi babakan perubahan sejarah dan respons masyarakat dunia, merupakan salah satu elemen strategis dalam kajian substansi kepemimpinan dunia. Revolusi Industri pertama serta Revolusi Industri kedua terbukti sangat mempengaruhi gerak dan arah kehidupan masyarakat global diberbagai bidang.

Temuan mesin dan teknologi baru bersumber dari keterampilan dan keahlian yg berasal dari individu atau sekumpulan individu anggota masyarakat. Temuan mesin dan teknologi baru, bila ditelaah dari aspek pemanfaatnya serta implikasinya (positif dan negatif), memerlukan kebijakan demi kepentingan masyarakat. Dalam menyusun, mengkaji, menilai dan mengatur segala aspek yg menyertainya, khususnya dimensi manfaat bagi masyarakat, diperlukan kepemimpinan dari komunitas yg berhak atas pengaturan, penggunaan dan pemanfatannya secara luas serta menyeluruh. Komunitas itu yg berhak mengatur segalanya, inklusif dalam perspektif kedepan. Komunitas itu juga menetapkan aspek keadilan, kegunaan, keuntungan dan ancaman kerugian, yg bermuara pada terminologi effektivitas dan effisiensi.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Kartika, K. (2023). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF SISTEM SOSIALEKONOMI. Jurnal Pembumian Pancasila, 3(2), 148–151. Retrieved from https://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/58