IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS PANCASILA UNTUK KEPEMIMPINAN ANTI-KORUPSI: STUDI KUALITATIF TENTANG NILAI DAN IMPLEMENTASI DI INDONESI

Penulis

  • Yusuf Siswantara Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Indonesia.

Kata Kunci:

Character education, Corruption, Integrity, Leadership, Pancasila based education

Abstrak

Penelitian ini mengkaji nilai-nilai dan implementasi pendidikan berbasis Pancasila dalam menghadapi masalah
korupsi di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif-reflektif, penelitian
ini menganalisis profil kepemimpinan berbasis Pancasila sebagai upaya untuk membangun pemimpin yang
berintegritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai Pancasila, seperti
integritas, etika, dan anti-korupsi, harus ditanamkan secara mendalam dalam sistem pendidikan untuk
menghasilkan pemimpin dan masyarakat yang berkualitas dan terhindar dari korupsi. Implementasi
pendidikan anti-korupsi yang telah dilakukan di Indonesia juga menjadi fokus penelitian ini, sebagai langkah
nyata dalam menangani masalah korupsi dan membangun kepemimpinan yang berlandaskan Pancasila.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-15

Cara Mengutip

Siswantara, Y. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS PANCASILA UNTUK KEPEMIMPINAN ANTI-KORUPSI: STUDI KUALITATIF TENTANG NILAI DAN IMPLEMENTASI DI INDONESI. Jurnal Pembumian Pancasila, 3(1), 1–10. Diambil dari http://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/22